Kamis, 30 April 2015

Memaksimalkan Keluaran Suara Speaker Standar dengan Lembaran Aspal

Memaksimalkan Keluaran Suara Speaker Standar dengan Lembaran Aspal

Dalam upaya meningkatkan kualitas suara, seringkali para pemilik mobil melakukan modifikasi dengan mengganti atau menambahkan komponen audio. Tentunya hal tersebut cukup menguras kocek, karena harus membeli berbagai perangkat seperti amplifier, subwoofer atau bahkan speaker tambahan.
Sebenarnya, perangkat audio mobil bawaan pabrik sudah memiliki kualitas yang cukup baik. Hanya saja terdapat beberapa faktor yang akhirnya mempengaruhi keluaran suara, salah satunya kekedapan kabin.
Peredam pun menjadi solusi permasalahan ini. Berfungsi untuk meredam suara dari luar dan dalam, peredam mampu meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jelas, khususnya untuk frekuensi rendah atau bass.
"Hal pertama yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas suara bukan mengganti perangkat audio tetapi memasang peredam. Peredam ini membuat suara tidak bocor kemana-mana atau lebih fokus," ucap pakar audio sekaligus owner Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja.

Peredam sendiri memiliki banyak varian, antara lain dalam bentuk cairan, lembaran aspal dan semprot. Namun, menurut Wahyu, dari ketiganya, lembaran aspal lah yang paling efektif dalam meredam.
"Pintu itu kan dalamnya ada lubang-lubang. Saat speaker mengeluarkan suara, dia menghasilkan udara. Karena ada lubang, udaranya jadi berpencar kemana-mana. Makanya lubang tersebut harus ditutup," terangnya.
Lebih lanjut, menurut Wahyu agar mendapatkan hasil maksimal untuk keperluan harian, lembaran aspal cukup dipasangkan pada kedua pintu. Namun untuk kebutuhan kompetisi dapat diaplikasikan pada seluruh pintu dan lantai.
"Selembar aspal sekitar Rp75 ribu. Untuk penggunaan harian cukup pasang dua lembar aspal dimasing-masing pintu depan. Memang yang agak mahal biaya pasangnya, tetapi komponen ini tidak memerlukan perawatan," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar