Kamis, 30 April 2015

Mau Tingkatkan Kualitas Bass, Perhatikan Ukuran Boks Subwoofer

Mau Tingkatkan Kualitas Bass, Perhatikan Ukuran Boks Subwoofer

Meningkatkan kualitas audio mobil dapat dilakukan dengan memodifikasi. Salah satunya menambahkan subwoofer untuk memperkuat bass. Berbagai varian dan bentuk subwoofer pun hadir, yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang maupun kualitas suara.
Namun, menambahkan subwoofer saja tidaklah cukup. Komponen ini perlu diberi rumah atau boks, sehingga keluaran suara bass bisa menjadi lebih maksimal.
"Pada dasarnya sebuah speaker terutama subwoofer itu butuh rumah, fungsinya agar kualitas suara yang dihasilkan maksimal," ungkap Wahyu Tanuwidjaja, owner perangkat audio Audioworkshop.
Lebih lanjut, boks speaker hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk, yang tentunya akan mempengaruhi keluaran suara. Untuk ukuran, terdapat beberapa pakem atau batasan ideal yang biasa digunakan saat pengaturan subwoofer.

"Semakin besar (ukuran boks) justru semakin baik. Tapi jangan terlalu ekstrem, ada hitung-hitungannya. Sebagai contoh, biasanya untuk subwoofer 12 inci memakai boks berukuran 35 liter, 10 inci pakai yang 28 liter, dan 6 inci pakai 15 liter," terangnya.
Disamping ukuran, peletakan perangkat subwoofer juga menjadi penentu. Komponen ini dapat diletakkan di belakang (bagasi) atau tengah kabin dengan spesifikasi yang berbeda.
"Biasanya di belakang, karena ruangnya banyak. Kalau ditaruh di tengah, harus menghadap ke atas. Sedangkan di belakang boleh bebas menghadap kemana saja," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar