Sabtu, 21 Februari 2015

Tips Menggunakan AC Mobil dengan Efisien

Tips Menggunakan AC Mobil dengan Efisien

Menyalakan AC pada mobil saat berkendara sudah menjadi kebiasaan. Anda tentunya tidak ingin merasa kegerahan saat berkendara didalam mobil. AC sangat mudah untuk digunakan, anda mungkin tidak sadar bahwa anda telah menggunakan AC mobil dengan tidak tepat. Yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol dan mengatur suhu AC. Setelah itu Anda tinggal menikmati sejuknya udara didalam mobil. Akan tetapi, penggunaan AC yang berlebihan akan menguras banyak energi mobil. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan panduan untuk menggunakan AC mobil secara efisien.

Nyalakan AC Pada Suhu Rendah

Jika Anda menyalakan AC langsung pada suhu yang tinggi maka AC akan terbebani dan bekerja terlalu berat. AC akan menguras banyak energi dan dapat membuat AC cepat rusak. Akan tetapi, jika anda menyalakan AC dari suhu rendah AC akan bekerja secara ringan dan efisien. Apabila anda memiliki sistem AC otomatis pada mobil anda maka AC akan bekerja secara otomatis dengan mode rendah. Sistem ini akan membiarkan AC menambah suhu ruang yang dibutuhkan didalam mobil secara perlahan. Pastikan anda tidak memasang AC dengan langsung pada suhu yang tinggi dan selalu cek suhu pada AC mobil anda.

Manfaatkan Jendela Mobil Anda

Apabila cuaca tidak terlalu panas, ada baiknya jika anda mematikan AC dan memilih untuk membuka jendela mobil. Membuka jendela mobil daripada menyalakan AC dapat memberikan udara sejuk didalam mobil. Hal ini akan membuat anda merasa lebih baik dan segar. Selain memberikan udara yang sejuk, membiarkan jendela terbuka juga dapat memberikan nuansa natural didalam mobil dan menghilangkan bau tidak sedap didalam mobil. Jangan jadikan AC sebagai satu-satunya sumber penyejuk didalam mobil. 

Matikan AC Sesuai Prosedur

Anda mungkin sedang terburu-buru dan langsung mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC terdahulu. Kebiasaan ini sangat buruk bagi AC mobil anda. Mesin mobil yang mati akan memberikan kejutan pada mesin AC yang belum dimatikan. AC akan mati secara otomatis karena mesin mobil sudah dimatikan. Sebaiknya anda matikan dahulu AC ketika mesin mobil masih menyala. 

Perhatikan Perawatan AC Anda

Usahakan untuk selalu mengecek kondisi AC mobil anda pada pihak profesional. Perawatan yang berkala akan memberikan jangka waktu AC yang panjang. Setidaknya cek kondisi AC mobil anda setahun sekali. Anda dapat meminta pihak bengkel untuk mengganti penyaring udara pada AC. Ataupun memberikan anti bakteri pada lubang ventilasi AC mobil anda. Hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah tidak menggunakan AC secara berlebihan. Meskipun suhu udara diluar sangat panas, selalu usahakan untuk menyalakan AC pada suhu yang normal. Tubuh anda mungkin tidak akan terbiasa dengan perubahan suhu didalam dan diluar mobil yang terlalu ekstrim

Artikel oleh: Zulfahmi Anwar @zulfahmi_anwar )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar