Rabu, 25 Maret 2015

Tips Merawat Mobil Berwarna Putih

img

Jika Anda memerhatikan mobil-mobil yang banyak diproduksi massal, kebanyakan mobil yang diproduksi berwarna putih atau hitam. Karena itu, tak heran bila di jalanan mobil-mobil tampak seragam, entah itu berwarna hitam atau berwarna putih. Namun, tidak semua suka mobil yang berwarna putih.

Alasannya adalah warna mobil yang putih berarti akan mudah terlihat kotor bila terkena debu sedikit, atau warna putih akan cepat terlihat kusam dibandingkan warna lain. 

Kedua problem tersebut tidak dapat Anda hindari apabila mobil yang Anda inginkan hanya tersedia dalam warna putih. Akan tetapi, Anda dapat merawat mobil berwarna putih Anda dengan melakukan kelima hal berikut ini.

1. Mencuci dengan air bersih
Ini merupakan langkah pertama yang wajib Anda perhatikan, mengingat Anda pasti selalu mencuci mobil agar terlihat selalu bersih.
Ketika mencuci mobil, baik itu mencuci sendiri maupun di tempat pencucian mobil, pastikan air yang digunakan selalu bersih.
Jika mencuci mobil sendiri, gunakan dua buah ember; satu ember untuk air bersih dan satu lagi untuk membersihkan lap kotor.
Jangan memasukkan lap kotor ke dalam air bersih, lalu menggunakannya lagi untuk membersihkan mobil.
Hal tersebut berpotensi merusak cat mobil akibat partikel kotoran yang menempel di lap.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan air yang tak mengandung garam dan zat besi, sebab kedua unsur tersebut dapat membuat karat pada mobil Anda.
Anda juga harus segera mencuci mobil dengan air bersih setelah mobil kehujanan. Jangan biarkan air hujan mengering di mobil Anda karena hal itu akan menyisakan bercak dan membuat kusam warna mobil.

2. Mencuci di tempat teduh
Jika Anda mencuci mobil sendiri di rumah, pastikan Anda mencuci mobil di tempat yang teduh, bukan langsung di bawah sinar matahari.
Alasannya, sabun atau sampo mobil yang digunakan untuk mencuci mobil apabila tidak langsung dibilas dan kering akibat sinar matahari akan meninggalkan bercak dan pada akhirnya merusak warna putih pada mobil Anda.

3. Menggunakan sabun atau sampo khusus
Ketika mencuci mobil, selalu gunakan sabun dan sampo khusus untuk mencuci mobil, sebab sabun dan sampo yang tidak bagus kualitasnya akan menimbulkan jamur pada permukaan cat dan akan sangat sulit untuk dihilangkan apabila sudah lama menumpuk.
Anda juga tidak boleh menggunakan sabun colek untuk mencuci mobil, sebab sabun colek mengandung butiran-butiran kasar yang dapat menggores cat mobil Anda.

4. Menggunakan kain dengan daya serap tinggi
Ketika selesai mencuci mobil, segera keringkan sisa-sisa air menggunakan kain dengan daya serap tinggi, misalnya kanebo, sehingga air yang tersisa dapat terserap dengan maksimal.
Anda juga dapat menggunakan kain yang tidak berserat untuk menghindari terjadinya goresan pada cat mobil.

5. Jangan parkir langsung di bawah matahari
Selain harus memerhatikan kondisi ketika mencuci mobil, Anda juga dapat merawat mobil yang bercat putih dengan tidak memarkirkan kendaraan langsung terpapar sinar matahari.
Selain untuk melindungi cat mobil yang cepat kusam, hal tersebut juga untuk mencegah debu menempel pada mobil Anda.
Jika memang sangat terpaksa harus memarkir kendaraan di bawah sinar matahari, gunakan cover mobil.

artikel oleh: Zulfahmi Anwar @zulfahmi_anwar )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar